Membuat Aplikasi Sederhana Dekstop Dengan Lazarus (Menu & Finish) #Part4

Okay ketemu lagi saatnya lanjutin Bagian Terakhir dari Cara Membuat Aplikasi SederhanaDekstop Dengan Lazarus #Part4 setelah kalian tadi selesai membaca Membuat Aplikasi SederhanaDekstop Dengan Lazarus #Part3 maka ini adalah lanjutannya jika belum yuk baca dulu Membuat AplikasiSederhana Dekstop Dengan Lazarus #Part3
Okay  sekarang kita akan membahas form 3. Untuk form 3 langkah pertama adalah Design form menu seperti dibawah ini :
Masukan komponen-komponen pendukung seperti TMainmenu, dan TLabel1. Kemudian setting komponen-komponen tadi seperti table di bawah ini :

No.
Komponen
Propertis
Value
1
TMainmenu


2
TLabel
Caption
Selamat Datang
Di Halaman Utama
Aplikasi Informasi Akademik Mahasiswa
Universitas Boyolali


Setelah kita setting sedemikian rupa maka langkah selanjutnya adalah memberikan script atau code pada masing-masing komponen. Kemudian setting design menu yang akan kita buat. langkah pertama :
1.     klik kanan komponen TfrReport1 pilih "Menu Editor”

2.     Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini

3.     kemudian buat design menu seperti gambar dibawah ini menggunakan dengan cara klik button yang tersedia hingga muncul pilihan add sub menu atau add menu item. Add sub menu untuk menambah sub menu dibawah button/menu yang di pilih tadi. Kemudian add menu item untuk menambahkan menu tombol/menu baru. Jika sudah jadi posisi menu ini juga bisa di geser-geser menggunakan navigasi disamping kiri atau dengan cara drag dengan kursor.

4.     Untuk memberi aksi buka form lain yang telah kita buat tadi maka silahkan klik double menu / sub menu yang ingin dikasih aksi maka akan membuka halaman source code.  kemudian lengkapi variable baru di unit3.pas pada bagian “uses” yang belum ada seperti gambar dibawah ini.

5.     Untuk memberi aksi buka form lain yang telah kita buat tadi maka silahkan klik double menu / sub menu yang ingin dikasih aksi kemudian masukan script seperti di bawah ini untuk aksi menu Input data.
      procedure TForm3.MenuItem3Click(Sender: TObject);
      begin
      form1.show;


      end;
      untuk menu update data tuliskan script dibawah ini.
      procedure TForm3.MenuItem4Click(Sender: TObject);
      begin
      form2.show;
      end;
      untuk menu laporan silahkan tuliskan script dibawah ini
      procedure TForm3.MenuItem4Click(Sender: TObject);
      begin
      form4.show;
      end;
      untuk sub menu quit di menu file silahkan tuliskan script dibawah ini
      procedure TForm3.MenuItem2Click(Sender: TObject);
      begin
      if MessageDlg('Perhatian', 'Apakah anda yakin akan keluar ?',
      mtConfirmation, [mbYes, mbNo],0) = mrYes then
      close;
      end;

okay form4 sudah selesai jangan lupa untuk di save terlebih dahulu z. Hore .... akhirnya selesai juga artikel Membuat Aplikasi Sederhana Dekstop Dengan Lazarus , bagaimana berhasil tidak? Jadi jangan lupa bookmark dan follow blog ini z  kalo ada yang kesusahan bisa langsung comment dibawah ya 😊 Oh ya jika ilmu ini bermanfaat jangan lupa berbagi ke yang lain z biar banyak orang yang merasakan manfaatnya. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bangga Ketika Jejak Digital Sampai Negeri Orang.