Membuat Aplikasi Sederhana Dekstop Dengan Lazarus (Laporan / Report) #Part3

Okay ketemu lagi saatnya lanjutin Cara Membuat Aplikasi Sederhana Dekstop Dengan Lazarus #Part3 setelah kalian tadi selesai membaca Membuat Aplikasi Sederhana Dekstop Dengan Lazarus #Part2 maka ini adalah lanjutannya jika belum yuk baca dulu Membuat Aplikasi Sederhana Dekstop Dengan Lazarus #Part2
Okay  sekarang kita akan membahas form 4 dulu yak biar runtut nanti :-D. Untuk form 4 langkah pertama adalah Design form input seperti dibawah ini :


Masukan komponen-komponen pendukung seperti Zconnection, ZQuery, Button, DB grid, TfrReport1, TfrDBgrid1, TfrDBDataset1 dan TfrDesigner1. Kemudian setting komponen-komponen tadi seperti table di bawah ini :
No.
Komponen
Propertis
Value
1
Zconection1
Database
Coba


Hostname
Localhost


Password



Protocol
Mysql


User
Root


Connected
True
2
ZQuery1
Connection
Zconnection1


SQL
select * from mhs


Active
True
3
Datasource1
Dataset
ZQuery1
4
TDBgrid1
Datasource
Datasource1
5
TfrReport1
Dataset
frDatasource1
6
TfrDBDataSet1
Dataset
frDatasource1
7
TfrDesigner1


8
TButton1
Caption
Print

Setelah kita setting sedemikian rupa maka langkah selanjutnya adalah memberikan script atau code pada masing-masing komponen. Pertama kita akan memberika aksi TButton1 untuk mencetak laporan data mahasiswa di database sebagai berikut :
procedure TForm4.Button1Click(Sender: TObject);
begin
  frReport1.LoadFromFile('laporan.lrf');
    frReport1.ShowReport;

end;

Kemudian setting design laporan yang akan kita buat. langkah pertama :
1.     klik kanan komponen TfrReport1 pilih "Design Report
2.     maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini


3.     kemudian buat design laporan seperti gambar dibawah ini menggunakan insert band dan insert rectangle di menu sebelah kiri. Insert band untuk membuat pembagian-pembagian layout yang akan di munculkan. Kemudian insert rectangle untuk memasukan field atau label.  



4.     Untuk menampilkan isi field database dengan rectangle pilih dengan urut seperti gambar dibawah ini. Ingat satu rectangle 1 field ya  


5.     kemudian save dengan nama " laporan.lrf " dalam folder yang sama dengan projek ini.



Terakhir mari kita coba jalankan form4 ini dan tekan tombol print. Maka akan menampilkan layar print priview sebelum kita cetak laporan yang tampil.



okay form4 sudah selesai jangan lupa untuk di save terlebih dahulu z. Masih semangat untuk materi selanjutnya ? Tunggu kelanjutanya disini ya jadi jangan lupa bookmark dan follow blog ini kalo ada yang kesusahan bisa langsung comment dibawah ya ðŸ˜Š
Oh ya jika ilmu ini bermanfaat jangan lupa berbagi ke yang lain z biar banyak orang yang merasakan manfaatnya.




Comments

Popular posts from this blog

Bangga Ketika Jejak Digital Sampai Negeri Orang.