Instalasi ZeosDBO di Lazarus IDE


Kemaren banyak yang tanya cara install ZeosDBO di Lazarus. Maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara instalasi ZeosDBO di Lazarus. Pada materi ini saya menggunakan Lazarus 32 bit di Windows 7. Bagi yang belum install Lazarus bisa lihat di artikel saya Cara Install Lazarus IDE di Windows Terbaru. ZeosDBO yaitu package yang diperuntukan untuk Lazarus dan Delphi. Fungsi ZeosDBO sendiri untuk meng-koneksikan ke database. Database yang disupport oleh ZeosDBO cukup banyak, ada FireBird, Interbase, MsSQL, MySQL/MariaDB, Oracle, PostgreSql, SQLite dan sybase. Jika kita menggunakan database MySQL 5.2 atau lebih baru dan kita malas melakukan downgrade ke MySQL 5.1 atau dibawahnya maka kita mau tidak mau harus menggunakan ZeosDBO ini, karena SQLdb bawaan dari Lazarus tidak support untuk MySQL 5.2 dan lebih baru. Paket ZeosDBO ini tidak ada dalam paket installasi lazarus, tetapi harus ditambahkan secara manual. Paket ZeosDBO terbaru dapat didownload disitus zeoslib


atau bisa langsung download aja di sini. Kemudian extract ZeosDBO yang telah didownload



dan tambahkan paket ke aplikasi lazarus dengan melalui menu open package file(.lpk) pada menu package seperti dibawah ini.


Setelah itu cari lokasi dan pilih file .lpk pada directory zeosdb yang sudah di extract. Pada directory ZeosDBO akan terdapat 5 paket yang harus di compile satu per satu mulai dari paket yang paling bawah sampai pada paket yang paling atas yaitu zcomponent.lpk, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Akan ada beberapa package yang akan diikut sertakan, klik Ok Klik Compile, untuk meng-compile ZeosDBO.

Lihat proses compile di windows Messages, Jika proses compile telah selesai, windows Messages akan seperti ini.


Seletah proses Compile selesai dilanjutkan proses instal. Klik Install.

Klik Yes untuk me-rebuild IDE Lazarus agar proses instalasinya berjalan dengan baik.
Jika telah selesai semuanya, Lazarus akan merestart sendiri. Coba cek, adakah tab Zeos Access…?
Jika ada, berarti proses instalasi ZeosDBO berhasil.


Yeee ZeosDBO sudah ke install di Lazarus kamu maka langkah selanjutnya silahkan berkreasi dengan imajinasi kalian untuk membuat aplikasi Desktop. Pengalaman saya koneksi database dengan ZeosDBO lebih gampang dari pada dengan komponen koneksi database bawaan lazarus. Apabila Info ini bermanfaat silahkan share agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya.

Comments

Popular posts from this blog

Menghubungkan Android Studio Dengan NOX Terbaru