Cara Membuat Aplikasi Input Dialog dan Dialog Message Di Lazarus IDE


Pada kesempatan hari ini saya akan membagikan cara membuat form input dan dialog message di Lazaruz. Yups Lazarus adalah salah satu aplikasi IDE yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis Desktop. Yang pertama tentu kalian harus install Lazarus IDE di Laptop atau Komputer kalian. Setelah menginstall maka tahap selanjutnya adalah untuk membuat projek baru, buka Lazarus IDE kemudian silahkan masukan Component Lazarus Sebagai berikut ini pada worksheet Form1.

Component
Properties
Value
Label1
Captions
NIM
Label2
Captions
NAMA
Label3
Captions
Prodi
Label4
Captions
Jurusan
Label5
Captions
BIODATA MAHASISWA
Edit1
Text

Edit2
Text

Edit3
Text

Edit4
Text

Button1
Text
Input
Button2
Text
Reset

Oke setelah semua komponen diatas sudah di masukan dan di tata sedemikian rupa seperti pada gambar dibawah ini maka tahap selanjutnya adalah memasukan perintah atau coding input, dialog message dan reset. Lalu bagaimana cara memulainya ? Kalian cukup double klik pada Button Input. Maka akan masuk ke file unit1.pas pada jendela Source Editor. Kemudian silahkan ketik source code input seperti di bawah ini :



Jika Sudah Mengetikan Source code input maka langkah selanjutnya adalah memberikan aksi pada button reset. Yaps button ini nanti berfungsi untuk menetralkan isi pada component edit1 sampai edit4 yang telah kita isi untuk mencoba tombol input tadi. Source code nya cukup simple yaitu cuman dengan mengklik double pada button reset di worksheet form1 kemudian kita akan dibawa masuk pada source editor. Seperti langkah pada memasukan source code input sebelumnya maka langkah selanjutnya ada mengetik source di bawah ini




Dan untuk mencoba apakah yang kita buat tadi sudah berjalan dengan normal maka silahkan klik run atau tekan F9 pada keyboard laptop atau komputer kalian. Tunggu hingga muncul tampilan seperti di bawah ini.



Jika sudah sesuai maka mari kita memasukan jawaban kita pada kolom yang telah tersedia kemudian klik input. Dan coba kalian lihat apa yang akan muncul di layar monitor kalian. Yups jika tampilan muncul seperti di bawah ini maka selamat aplikasi Input dan Dialog Message Kalian Berhasil.



Apabila belum coba check kembali source code kalian mungkin ada yang kurang seperti à . , ; ) ] } dll.

Oke menuju langkah terakhir yaitu testing tombol reset. Setelah kalian tekan input tadi silahkan klik close/tekan tombol silang maka kalian akan dibawa pada tampilan awal lengkap dengan isi yang kita isi sebelumnya kemudian pertanyaannya bagaimana cara membuat kolom-kolom itu kosong lagi maka disinilah fungsi tombol reset berfungsi. Langkahnya silahkan tekan tombol reset, apabila tampilan yang mucul sesuai gambar dibawah ini maka selamat seluruh aplikasi ini berjalan dengan normal dan dinyatakan berhasil.




Oke cukup sekian ya informasi yang saya bagikan. Jangan lupa follow dan comment di bawah yaps 😊 .  

Comments

Popular posts from this blog

Menghubungkan Android Studio Dengan NOX Terbaru