LEZATNYA KRIPIK CENGKARUK MAKANAN KHAS NOGOSARI, BOYOLALI

Hai sobat ariev ketemu lagi ni sama ariev, disini ariev akan menceritakan makanan khas nogosari, boyolali, jawa tengah.
Orang boyolali mana sih yang tidak tahu "CENGKARUK" ?
Pasti pada tahu dunk :-D, waduh ada yang belum tahu juga apa itu "CENGKARUK"?! Oke deh, karena Ariev baik dan tidak sombong maka ariev akan ceritain deh tentang apa itu "CENGKARUK". Cengkaruk adalh makanan yang terbuat dari nasi kering alias "AKING" yang digoreng ini, saat ini sedang  jadi primadona karena rasanya yang gurih dan renyah serta tak kenal waktu untuk disantap sebagai camilan.
Soal rasa udah tidak ragukan lagi pokoknya Top Markotop deh. Jadi sekali coba langsung ingin lagi, lagi dan lagi.
Cengkaruk awalnya hanya jadi makanan rumahan bermula dari banyaknya nasi yang tidak habis di makan dalam sehari, dari pada di buang maka munculah ide agar nasi tersebut dikeringkan dan di simpan dalam wadah yang tertutup rapat biar tidak terserang jamur.
Oke sekarang kita lanjut ke proses pembuatanya, pertama-tama hancurkan nasi kering tadi dan hancurkan jadi rata sehingga tidak ada yang seperti bongkahan besar. Setelah itu masukan ke wajan yang telah dipanaskan sebelumnya.
Masaknya sebentar saja yak, kurang lebih 2-3 menit setelah itu angkat dan tiriskan di baskom.
Tahap selanjutnya adalah memberi rasa. Pada umumnya Cengkaruk berasa gurih jadi taburkan garam/penyedap rasa di atas cengkaruk sambil mengaduk-aduk biar rata.
Dan den . . .  deng . . . . Cengkaruk sudah siap di sajikan dan di santap.

So, udah pada tahu kan apa itu cengkaruk, dan tak ada salahnya untuk mencobanya dirumah sobat.
Udahan dulu yak cerita tentang cengkaruk, semoga bermanfaat buat sobat semua dan sampai jumpa lagi, kalau ada yang mau di tanyakan silahkan koment di bawah yak dan ingin tahu makanan bergizi lainya klik saja Nutrisi Untuk Bangsa :-D

Comments

Popular posts from this blog

Menghubungkan Android Studio Dengan NOX Terbaru