MERAUP UNTUNG WIRAUSAHA LEWAT MEDIA SOSIAL

 

Berbicara soal dunia wirausaha di dunia memang tidak ada habisnya. Apakah anda salah satu calon/wirausahawan itu? Oke kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya tentang pemanfaatan media sosial untuk peningkatan wirausaha dalam artikel "MERAUP UNTUNG WIRAUSAHA LEWAT MEDIA SOSIAL".


Tahukah anda bahwa dunia wirausaha hanya di bagi menjadi 2 kategori yaitu wirausaha riil dan wirausaha non-riil atau biasa kita kenal dengan nama bisnis online.
Wirausaha Riil adalah suatu kegiatan jual beli dimana interaksi antara si penjual dan pembeli dalam bertransaksi terjadi di tempat dan waktu secara bersama, contohnya seperti :



  1. Toko ==> Toko Kelontong, SCC, dsb
  2. Pasar ==> Pasar Legi, Pasar Klewer dsb
  3. Swalayan ==> Hypermart, Carefour dsb

Sedangkan Wirausaha Non-Riil (bisnis online) adalah suatu kegiatan jual beli dimana interaksi antara si penjual dan pembeli dalam bertransaksi terjadi di dunia maya atau internet, contohnya seperti :
  1. Online Store ==> gobrand, kaskus, dsb
  2. Program Afiliasi ==> amazon afiliasi, 4shared afiliasi dsb
  3. PTC ==> Wordlinx, Google Adsense dsb
  4. PPC ==> Kumpulblogger, kliksaya dsb
  5. Forex ==> FBS, Marketiva dsb

 Pengertian Wirausaha :

Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.
Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.
Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.
Sumber : wikipedia indonesia

Dari penjelasan tersebut kita dapat tarik kesimpulan bahwa wirausaha adalah suatu proses yang di bentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian yang bertujuan membawa visi ke dalam kehidupan.
Dan untuk meningkatkan penghasilan wirausaha riil, di tengah ketatnya persaingan dunia wirausaha/bisnis.
Maka muncullah fenomena-fenomena pemanfaatan media sosial di kalangan wirausahawan dan bisnisman. Hal ini dilakukan karena media sosial mempunyai manfaat :
  1. Dapat menghemat waktu, 
  2. Kinerja kerja yang optimal
  3. Biaya minim,
  4. Buka 24 jam, dan 
  5. Mempunyai sifat yang praktis, sehingga dapat memudahkan dalam mempromosikan suatu produk secara luas tanpa batasan wilayah umur maupun gender. 
Sebagai akibat atau efeknya maka banyak bermunculan online store baik lewat media sosial seperti facebook, twitter, blog, web, myspace, dan masih banyak lagi.

Bahkan pada tahun 2011, media sosial mulai mempengaruhi pasar investasi global. Karena perannya yang cukup signifikan membuat para pelaku bisnis terbantu dalam menjalankan strategi pemasaran.
Dan ternyata strategi media sosial sungguh ampuh dalam strategi pemasaran. Karena para konsumen menyambut baik strategi ini, sebab :
  1. Konsumen tak perlu repot-repot keluar rumah, 
  2. Harga murah, 
  3. Buka 24 jam dan 
  4. Barang yang dijualpun biasanya unik dan jarang kita temuin di wirausaha dunia riil.

Bisnis yang mengiurkan bukan? Tapi bagaimanapun juga dalam pemanfaatan media sosial ini kita sebagai konsumen harus tetap waspada. Karena dalam dunia wirausaha non-riil ini memiliki risiko yang hampir sama dengan wirausaha riil yaitu seperti penipuan. Dan untuk menghindari hal tersebut kita sebagai konsumen ada baiknya kita sebelum online store kita memastikan kredibilitas wirausaha non-riil tersebut. Sedangkan untuk para wirausahawan hal terpenting dalam menjalani bisnis ini yang kita perlukan adalah :
  1. Pantang Menyerah
  2. Kreatif dan Inofatif
  3. Kesabaran
  4. Jaringan Internet
  5. Pelayanan
  6. Kejujuran
  7. Memperluas jaringan
  8. Membangun kepercayaan
  9. Berdoa
 Jadi dari semua penjelasan yang saya jabarkan di atas dapat saya simpulkan bahwa pemanfaatan media sosial untuk peningkatan wirausaha sangat membantu dan saling menguntungkan antara produsen dan konsumen. Maka tunggu apa lagi, marilah kita manfaatkan media sosial bukan hanya sebagai tempat untuk berkeluh-kesah tapi sebagai tempat yang lebih bermanfaat lagi dan jadilah entrepreneurship sejati.

"Because of the great things starts from the smallest things around us" (karena hal besar bermula dari hal yang paling kecil di sekitar kita)  Arief rais bahtiar
Cukup sekian penjelasan dari saya jadi apabila ada yang mau ditanyakan comment saja ya :-)

Comments

Popular posts from this blog

Menghubungkan Android Studio Dengan NOX Terbaru